CCTV

Kamis, 01 November 2012

Monitor tak tampil ke layar

pkl politeknik padang
kamis 01 november2012
Pada tanggal 01 november 2012 pukul 08.15 di salah satu labor di politeknik padang 4 komputer mengalami masalah tidak tampil ke monitor dan dosen yakni ibu yance & ibu desni (dosen pemragraman ) komplen ke teknisi lalu saya di suruh untuk mengatasinya lalu saya menyelesaikannya

komputer dalam keadaan menyala tapi tidak ada tampilan apapun di layar monitor, itu biasanya di sebabkan oleh beberapa hal, misalnya :

1. Memory
pemasangan memory yang kurang rapat, error atau rusak dapat mmenjadi penyebab komputer tidak tampil ke layar monitor.

lalu tindakan yang saya lakukan adalah membersihakan pin pada memory menggunakan penghapus sampai bersih lalu saya memasangkannya kembali dengan erat.

2. Power supply
power supply yang tidak stabil bisa mengakibatkan komputer tidak tampil ke monitor hal ini biasanya di sebabkan seringnya terjadi lonjakan arus atau seringnya terjadi pemadaman listrik.

3. Batrei cmos
batrapei cmos yang sudah habis atau error tidak dapat menyimpan setting bios dan dapat menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor.

4. Motherboard
motherboard error bisa menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor.

5. Vga card error atau rusak bisa menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor.

6. Prosessor error atau rusak dapat menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor.

7. Cabut/lepas jumper bios yang ada dekat baterai. jumper tersebut kk pasang pada 2slot yang lainnya (pindahkan jumper kesebelahnya), biarkan beberapa detik kira lalu kk pasang lagi jumper ke tempat semula.

8. Coba :

Test 1 :
Buka memori, gosok bagian sisi memori yang ditancapkan ke slotnya itu dengan karet penghapus pensil, bersihkan slot memori dengan kuas. setelah itu pasang kembali dan cobalah hidupkan komp-nya.

Test 2 :
cabut kabel data di IDE1 dan IDE2, dan juga kabel floopy. cabut juga kabel daya dari power suply, kecuali kabel daya untuk motherboardnya. cobalah hidupkan kembali pc.

Test 3 :
Mungkin ada kerusakan di motherboard, cobalah dengan alat pengecek mobo seperti PC ANALYZER. mungkin bisa membantu.


0 komentar:

Posting Komentar